Magang Program Studi Manajemen



Assalamu’alaikum Wr. Wb.


Selamat datang di portal Magang Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan. Portal ini dirancang sebagai sumber informasi magang mahasiswa Magang Program Studi Manajemen UAD. Melalui situs inibaik mahasiswa maupun perusahaan dapat memperoleh informasi yang komprehensif terkait magang di Prodi Manajemen sekaligus sebagai komunikasi media. Portal ini masih dalam pengembangan dan kedepannya diharapkan dapat menjadi wadah seluruh administrasi magang Program Studi Manajemen Universitas Ahmad Dahlan. 

Magang merupakan bagian dari kurikulum prodi (4 sks) yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Ahmad Dahlan. Mata Kuliah Magang dirancang menjadi program untuk menciptakan suatu pengalaman bekerja di perusahaan bagi mahasiswa. Program magang ini memiliki beberapa tujuan sebagai berikut:  

Persyaratan Magang Tahun Ajaran 2023/ 2024



Panduan Tata Cara Pengajuan Surat Pengantar Fakultas



Pelaksanaan Magang



Pelaksanan magang dilaksanakan dalam masa libur setiap pergantian semester. Lama kegiatan magang paling sedikit 200 jam kerja atau 25 hari kerja (8 jam/hari) dalam hari kerja penuh. Prodi tidak memberi dispensasi presensi kuliah apabila kegiatan magang dilaksanakan pada masa perkuliaan sedang berlangsung. Oleh karena itu mahasiswa diminta untuk mengatur jadwal dengan baik agar pelaksanaan magang berjalan lancar. 

Jadwal Kegiatan Magang Semester Gasal TA 2023/2024



Opsi 1


Pendaftaran Magang Prodi Manajemen 30 Juni – 4 Juli 2023

Pengumuman Dosen Pendamping Magang 6 Juli 2023

Persiapan Magang  : Juli – Agustus 2023

Deadline Pengumpulan Proposal Magang  6 Agustus 2023

Input KRS Magang : KRS Semester Ganjil 2023/2024

Pelaksanaan Magang  : 1Agustus – 30 September 2023 ( Libur Semester Genap 2022/202)

Monitoring dan Bimbingan  : 4-14 September 2023

Responsi Laporan Magang : 9-13 Oktober 2023  

Opsi 2


Input KRS Magang : KRS Semester Ganjil 2023/2024

Pendaftaran Magang Prodi Manajemen 25 September – 10 Oktober 2023

Pengumuman Dosen Pendamping Magang 15 Oktober 2023

Persiapan Magang  Oktober 2023 – Januari 2024

Pengumpulan Proposal Magang  : 2 Minggu Sebelum Penerjunan Magang

Pelaksanaan Magang  : Februari – Maret 2023 ( Libur Semester Ganjil 2023/2024 )

Monitoring dan Bimbingan  : Magang Hari Kerja ke 10 s/d 15

Pengumpulan Laporan Magang 3 Minggu Setelah Pelaksanaan Magang  

Jadwal Kegiatan Magang Semester Genap TA 2023/2024



Opsi 1


Pendaftaran Magang 20 November 2023 – 1 Desember 2023

Input KRS Magang : KRS Semester Genap 2023/2024

Pengumuman Dosen Pendamping Magang 5 Desember 2023

Persiapan Magang  Desember 2023 – Januari 2024

Pengumpulan Proposal Magang  : 2 Minggu Sebelum Penerjunan Magang

Pelaksanaan Magang  : Februari-Maret 2024 ( Libur Semester Ganjil 2023/202)

Monitoring dan Bimbingan  : Magang Hari Kerja ke 10 s/d 15

Pengumpulan Laporan Magang : 3 Minggu Setelah Pelaksanaan Magang  

Opsi 2


Input KRS Magang : KRS Semester Genap 2023/2024

Pendaftaran Magang 1 April 2024 –  15 April 2024

Pengumuman Dosen Pendamping Magang 20 April 2024

Persiapan Magang  April 2024 – Juli 2024

Pengumpulan Proposal Magang  : 2 Minggu Sebelum Penerjunan Magang

Pelaksanaan Magang  AgustusSeptember 2024 ( Libur Semester Genap 2023/2024 ) 

Monitoring dan Bimbingan  : Magang Hari Kerja ke 10 s/d 15

Pengumpulan Laporan Magang : 3 Minggu Setelah Pelaksanaan Magang  

Skema Magang



1. Magang Perusahaan


Mahasiswa Program Studi Manajemen dapat memilih magang di berbagai macam perusahaan skala lokal, nasional maupun internasional. Kriteria Magang Perusahaan adalah magang di organisasi bisnis yang sudah memiliki struktur organisasi formal baik dalam bentuk fungsional maupun bentuk lain. Mahasiswa dapat magang di perusahaan yang berlokasi di seluruh wilayah Indonesia. Magang pun tidak harus pada kantor pusat suatu perusahaan tetapi bisa juga magang di kantor cabang.

Skema magang perusahaan ditujukan sebagai pengenalan dan peingkatan keterampilan praktikal dengan mengikuti proses bisnis yang dijalankan pada salah satu atau seluruh bidang yang ada di perusahaan. Dalam menjalankan kegiatan magangnya, mahasiswa harus mengikuti arahan dan tugas yang telah ditetapkan oleh pejabat pembimbing. Mahasiwa yang mengambil skema ini diharapkan mampu menganalisis proses bisnis di bagiannya dan menciptakan inovasi atau nilai tambah bagi perusahaan.

2. Magang Pemerintah dan Organisasi Non Profit


Mahasiswa Program Studi Manajemen dapat memilih magang di organisasi-organisasi non profit. Organisasi non profit yang dimaksud disini adalah organisasi yang bergerak di bidang ekonomi, sosial maupun lingkungan yang tidak berorientasi pada keuntungan. Organisasi non profit yang menjadi lokasi magang bisa dalam skala lokal, nasional maupun internasional. Beberapa contoh organisasi non profit seperti, LSM Sosial, LSM Lingkungan, Sekolah, Lembaga Amil Zakat, Ormas, Yayasan, Organisasi Keagamaan Islam, dll. Mahasiwa yang mengambil skema ini diharapkan mampu memberi kontribus bagi organisasi dalam pemecahan permasalahan kemanajerialan sekaligus inovasi/ide untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi organisasi. 

Mahasiswa Program Studi Manajemen dapat mengambil lokasi magang di instansi pemerintah dan negara tertentu yang telah ditetapkan. Kriteria organisasi pemerintahan dibuat agar program magang bisa berjalan lebih efektif dan sesuai dengan kompetensi yang diperoleh mahasiswa di bangku kuliah Program Studi Manajemen. Beberapa instansi pemerintah dan negara yang bisa dijadikan lokasi magang Mahasiswa Program Studi Manajemen diantaranya, Kementerian Keuangan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UMKM, BI dan OJK. Magang di instansi tersebut diharapkan dapat menambah wawasan, pengalaman dan memberikan nilai tambah yang besar bagi mahasiswa di bidang kemanajerialan.

3. Magang UMKM


Selama proses magang ( mulai dari pendaftaran sampai penilaian ), peserta magang dibimbing oleh pembimbing lapangan dari perusahaan/instansi dan dosen pembimbing dari kampus. Dosen pembimbing berperan memberi pemahaman dan persiapan sebelum magang sampai mengevaluasi laporan magang. Selama pelaksanaan magang mahasiswa berkewajiban untuk. Mahasiswa Program Studi Manajemen dapat memilih magang di Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM). Kriteria yang dimaksud UMKM disini adalah usaha bisnis yang belum memiliki struktur organisasi yang baku dengan skala usaha lokal maupun regional. Mahasiswa dapat magang di semua sektor UMKM seperti kuliner, retail, pariwisata, bumdes, koperasi produksi dan sektor UMKM lain yang berlokasi di seluruh Indonesia. Untuk magang di UMKM, mahasiswa tidak hanya berperan sebagai karyawan magang yang melaksanakan pekerjaan rutin, tetapi lebih sebagai konsultan yang mengobservasi kondisi UMKM. Selain menambah wawasan dan pengalaman kerja, mahasiswa diharuskan juga dapat memberi kontribusi nilai tambah berupa inovasi baik itu inovasi aspek manejerial maupun inovasi aspek operasional.

Pembimbingan Magang



Selama proses magang (mulai dari pendaftaran sampai penilaian), peserta magang dibimbing oleh pembimbing lapangan dari perusahaan/instansi dan dosen pembimbing dari kampus. Dosen pembimbing berperan memberi pemahaman dan persiapan sebelum magang sampai mengevaluasi laporan magang. Selama pelaksanaan magang mahasiswa berkewajiban sebagai berikut :

Hubungi Kami

Universitas Ahmad Dahlan
Jln. Kapas No. 9 Yogyakarta
Telepon : (0274) 563515 ext. 1222
Telepon : (0274) 563515
Email : prodi@mgm.uad.ac.id

Lokasi Kami

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960