Magang Reguler Program Studi Manajemen
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Selamat datang di portal Magang Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan. Portal ini dirancang sebagai sumber informasi magang mahasiswa Magang Program Studi Manajemen UAD. Melalui situs ini, baik mahasiswa maupun perusahaan dapat memperoleh informasi yang komprehensif terkait magang di Prodi Manajemen sekaligus sebagai komunikasi media.
Magang merupakan bagian dari kurikulum prodi (4 sks) yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Ahmad Dahlan. Mata Kuliah Magang dirancang menjadi program untuk menciptakan suatu pengalaman bekerja di perusahaan bagi mahasiswa. Program magang ini memiliki beberapa tujuan sebagai berikut:
- Mahasiswa terlatih untuk menyesuaikan diri dengan budaya dunia kerja guna melengkapi proses belajar di kelas kuliah.
- Mahasiswa dapat mempraktekkan ilmu dan mensinkronkan dengan kebutuhan di dunia kerja.
- Sebagai perantara sinergi antara kampus dan industri dalam mencetak sumber daya manusia yang kompeten dan memiliki nilai tambah bagi diri, perusahaan, dan masyarakat.
Persyaratan dan Alur Magang
- Mahasiswa aktif minimal semester 5.
- Melakukan pendaftaran melalui SE Prodi Manajemen di Ruang Prodi Manajemen.
- Menunggu Plot Dosen Pembimbing Magang (DPM).
- Melakukan bimbingan Magang kepada DPM hingga mendapatkan ACC tempat magang dari DPM.
- Mahasiswa melakukan survey informal tempat calon magang (dengan arahan DPM).
- Lokasi Magang maksimal diisi 3 orang mahasiswa (cek kuota tempat magang di SE).
- Mengisi Form 1 Pengajuan Pengantar Magang dan ditandatangani oleh DPM.
- Membuat Proposal kegiatan magang yang ditandatangani oleh DPM.
- Mengisi Form Pengajuan Surat Pengantar Fakultas (tunggu 2 s.d 3 hari kerja).
- Mahasiswa siap untuk magang.
- Melakukan responsi kepada DPM segera setelah selesai melaksanakan kegiatan Magang.
- Dosen melakukan penilaian
- Mahasiswa mengisi Form Pengumpulan Laporan Magang
- Mahasiswa melakukan KRS jika sudah selesai semua proses magang (sesuai jadwal Pengisian KRS)
- Nilai Keluar
Panduan Tata Cara Pengajuan Surat Pengantar Fakultas
- Mahasiswa meminta persetujuan dosen pembimbing magang untuk lokasi dan waktu magang (persetujuan dosen ditandai dengan tanda tangan di Form 1 Pengajuan Pengantar Magang)
- Mahasiswa mengisi Form 1 Pengajuan Pengantar Magang
- Mahasiswa menunggu surat pengantar yang akan dikirim melalui email masing-masing mahasiswa (surat pengantar magang dikirim setiap hari selasa, kamis dan sabtu)
Pelaksanaan Magang
Pelaksanan magang dilaksanakan dalam masa libur setiap pergantian semester. Lama kegiatan magang paling sedikit 200 jam kerja atau 25 hari kerja (8 jam/hari) dalam hari kerja penuh. Prodi tidak memberi dispensasi presensi kuliah apabila kegiatan magang dilaksanakan pada masa perkuliaan sedang berlangsung. Oleh karena itu mahasiswa diminta untuk mengatur jadwal dengan baik agar pelaksanaan magang berjalan lancar.
Jadwal Kegiatan Magang Periode 2025
Periode 1
Pendaftaran Magang : 27 Oktober 2024 – 4 November 2024
Pengumuman Dosen Pembimbing Magang : 5 November 2023
Persiapan dan Survey Magang : 5 November 2024 – 25 Januari 2025
Pengumpulan Proposal Magang : 30 Desember 2024
Pelaksanaan Magang : 27 Januari 2025 – 7 Maret 2025 ( Libur Semester Ganjil 2024/2025 )
Monitoring dan Bimbingan : 17 – 21 Februari 2025
Bimbingan Responsi dan Pengumpulan Laporan Magang : 8 Maret 2025 – 18 April 2025
Periode 2
Pendaftaran Magang : 27 Oktober 2024 – 4 November 2024
Pengumuman Dosen Pembimbing Magang : 5 November 2023
Persiapan dan Survey Magang : 5 November 2024 – 25 Januari 2025
Pengumpulan Proposal Magang : 30 Desember 2024
Pelaksanaan Magang : 27 Januari 2025 – 7 Maret 2025 ( Libur Semester Ganjil 2024/2025 )
Monitoring dan Bimbingan : 17 – 21 Februari 2025
Bimbingan Responsi dan Pengumpulan Laporan Magang : 8 Maret 2025 – 18 April 2025
Skema Magang
1. Magang Perusahaan
Mahasiswa Program Studi Manajemen dapat memilih magang di berbagai macam perusahaan skala lokal, nasional maupun internasional. Kriteria Magang Perusahaan adalah magang di organisasi bisnis yang sudah memiliki struktur organisasi formal baik dalam bentuk fungsional maupun bentuk lain. Mahasiswa dapat magang di perusahaan yang berlokasi di seluruh wilayah Indonesia. Magang pun tidak harus pada kantor pusat suatu perusahaan tetapi bisa juga magang di kantor cabang.
Skema magang perusahaan ditujukan sebagai pengenalan dan peingkatan keterampilan praktikal dengan mengikuti proses bisnis yang dijalankan pada salah satu atau seluruh bidang yang ada di perusahaan. Dalam menjalankan kegiatan magangnya, mahasiswa harus mengikuti arahan dan tugas yang telah ditetapkan oleh pejabat pembimbing. Mahasiwa yang mengambil skema ini diharapkan mampu menganalisis proses bisnis di bagiannya dan menciptakan inovasi atau nilai tambah bagi perusahaan.
2. Magang Pemerintah dan Organisasi Non Profit
Mahasiswa Program Studi Manajemen dapat memilih magang di organisasi-organisasi non profit. Organisasi non profit yang dimaksud disini adalah organisasi yang bergerak di bidang ekonomi, sosial maupun lingkungan yang tidak berorientasi pada keuntungan. Organisasi non profit yang menjadi lokasi magang bisa dalam skala lokal, nasional maupun internasional. Beberapa contoh organisasi non profit seperti, LSM Sosial, LSM Lingkungan, Sekolah, Lembaga Amil Zakat, Ormas, Yayasan, Organisasi Keagamaan Islam, dll. Mahasiwa yang mengambil skema ini diharapkan mampu memberi kontribus bagi organisasi dalam pemecahan permasalahan kemanajerialan sekaligus inovasi/ide untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi organisasi.
Mahasiswa Program Studi Manajemen dapat mengambil lokasi magang di instansi pemerintah dan negara tertentu yang telah ditetapkan. Kriteria organisasi pemerintahan dibuat agar program magang bisa berjalan lebih efektif dan sesuai dengan kompetensi yang diperoleh mahasiswa di bangku kuliah Program Studi Manajemen. Beberapa instansi pemerintah dan negara yang bisa dijadikan lokasi magang Mahasiswa Program Studi Manajemen diantaranya, Kementerian Keuangan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UMKM, BI dan OJK. Magang di instansi tersebut diharapkan dapat menambah wawasan, pengalaman dan memberikan nilai tambah yang besar bagi mahasiswa di bidang kemanajerialan.
3. Magang UMKM
Selama proses magang ( mulai dari pendaftaran sampai penilaian ), peserta magang dibimbing oleh pembimbing lapangan dari perusahaan/instansi dan dosen pembimbing dari kampus. Dosen pembimbing berperan memberi pemahaman dan persiapan sebelum magang sampai mengevaluasi laporan magang. Selama pelaksanaan magang mahasiswa berkewajiban untuk. Mahasiswa Program Studi Manajemen dapat memilih magang di Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM). Kriteria yang dimaksud UMKM disini adalah usaha bisnis yang belum memiliki struktur organisasi yang baku dengan skala usaha lokal maupun regional. Mahasiswa dapat magang di semua sektor UMKM seperti kuliner, retail, pariwisata, bumdes, koperasi produksi dan sektor UMKM lain yang berlokasi di seluruh Indonesia. Untuk magang di UMKM, mahasiswa tidak hanya berperan sebagai karyawan magang yang melaksanakan pekerjaan rutin, tetapi lebih sebagai konsultan yang mengobservasi kondisi UMKM. Selain menambah wawasan dan pengalaman kerja, mahasiswa diharuskan juga dapat memberi kontribusi nilai tambah berupa inovasi baik itu inovasi aspek manejerial maupun inovasi aspek operasional.
Pembimbingan Magang
Selama proses magang (mulai dari pendaftaran sampai penilaian), peserta magang dibimbing oleh pembimbing lapangan dari perusahaan/instansi dan dosen pembimbing dari kampus. Dosen pembimbing berperan memberi pemahaman dan persiapan sebelum magang sampai mengevaluasi laporan magang. Selama pelaksanaan magang mahasiswa berkewajiban sebagai berikut :
- Menjaga nama baik almamater Universitas Ahmad Dahlan dan Perusahaan.
- Berperilaku profesional saat pelaksanaan magang seperti mengerjakan seluruh tugas dengan sebaik-baiknya dan tepat waktu, menaati aturan yang ditetapkan oleh perusahaan serta berperilaku dan berkepribadian yang baik.
- Sikap antusias untuk terus berlatih meningkatkan kapasitas hardskill dan softskill selama pelaksanaan magang.
- Mengikuti semua Arahan Pembimbing Lapangan dengan menjaga kemandirian dalam menyelesaikan tugas.
REGISTRATION PROCESS FOR INTERNATIONAL STUDENT
IMMIGRATION PROCEDURE
For foreign students who want to study in Indonesia, we suggest them to apply Social Cultural Visit Visa /Visa Kunjungan Sosial Budaya (VKSB) issued by the Indonesian Embassy or consulates in their respective countries. VKSB is given only for two (2) months and may be extended up to six (6) months.
Extension Rules of VKSB, Permits/ KITAS & Study Permit
VKSB is given only for sixty (60) valid days from the date the student arrived in Indonesia and it should be extended every month. The maximum visa duration is six (6) months. For VKSB extension application, students are required to submit Certificate / Recommendations from the study signed by the Officer of Institution where they study. Their VKSB Extension is issued at the Immigration local Office.
A. Conversion Application
Conversion is the change in status from VKSB to KITAS and can only be arranged at the Immigration Office in Jakarta through regional Immigration Office.
To apply for KITAS, a Study Permit is required. To get a Study Permit, the students need to submit the following documents to Directorate of Higher Education through Office of International Affairs:
- Certificate / Recommendation from UAD
- Photocopy of passport (all pages, including pages VKSB extension).
- Curriculum Vitae
- Letter of Statement (students will not work and not join any political activities while studying in Indonesia)
- Photographs 3×4 and 4×6 (4 pieces each, red background)
- Health Certificate
- Photocopy of ID card
- Photocopy of Bank account last 3 months
- High School Diploma and transcript
Conversion decree issued by the Central Immigration Office will be sent to the student for the purpose of KITAS application.
B. Permit Application / KITAS
Permit Application / KITAS is managed by the student him/herself at the local Immigration Office by submitting the above Decree Conversion.
C. Extension KITAS Application
Extension KITAS Application can only do when there is a new student permit from the Department of Education or the Religion Department of Indonesia to apply for KITAS extension. The students must submit the following documents at least four (4) months before study permit ending:
- Photocopy of KITAS
- Photocopy of passport (including pages Permits extension)
- CV
- Photocopy of the Study Permit
- Letter of Statement (students will not work and not join any political activities while studying in Indonesia)
- Photographs (passport size) 3×4 and 4×6 (2 pieces each, red background)
- Signs Letter Report on Police (STM)
- Health certificate
- Photocopy of Student Card
- Photocopy of Last Transcript
- Letter of application and guarantee from UAD
D. Multiple Exit Reentry Permit Application / MERP
This application is included in the KITAS functioning to return to their states, have vacation in other countries or for other reasons. This application is issued at the local immigration office.
Important Note
This guide is only to provide a rough picture for the students to arrange the visa. For further information, please contact international office of UAD.
All new students are not allowed to return to their state before RESULT OF CONVERSION obtained from the Immigration Office in Jakarta. For further information, please contact OIA UAD.
Hubungi Kami
Universitas Ahmad Dahlan
Jln. Kapas No. 9 Yogyakarta
Telepon : (0274) 563515 ext. 1222
Telepon : (0274) 563515
Email : prodi@mgm.uad.ac.id
Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa
Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan
Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960