Minggu, 23 Juli 2017 Universitas Ahmad Dahlan telah dilaksanakan pembekalan kepada peserta KKN (Kuliah Kerja Nyata) semester genap 2017/2018 di Aula Apotek 3P Kotamas. Pada pembekalan kali ini salah satu dosen Program Studi Manajamen sebagai pengisi pemateri yaitu ibu Candra Vionela Merdiana, S.E., M.Sc yang menyampaikan pembahasan mengenai aspek produksi, keuangan dan pemasaran,pembekalan KKN ini diikuti oleh ± 30 orang  bukan hanya prodi manjemen tetapi prodi lain di Universitas Ahmad Dahlan.

       Pada pembahasan yang disampaikan oleh ibu Candra Vionela Merdiana, S.E., M.Sc  mengenai aspek produksi, tahap awal dalam pelaksanaan proses produksi adalah merencanakan produk  yang akan diproduksi. Pada proses produksi agar produksi dapat berjalan lancar, maka dalam pemilihan bahan baku  yang akan digunakan setidaknya memenuhi syarat kualitasnya baik, mudah diperoleh, mudah diolah, dan  harga yang relatif murah. Untuk memulai suatu usaha, pada dasarnya sumber permodalan dapat  diperoleh melalui  modal sendiri ,sumber modal sendiri merupakan cara yang paling mudah atau cara lain yang dapat digunakan adalah  pinjaman bank apabila modal sendiri tidak cukup dapat memenuhi kebutuhan modal dengan meminjam dari bank. Selanjutnya pembahasan mengenai aspek keuangan yaitu membahas tata kelola keuangan , berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam tata kelola keuangan yaitu kita harus memisahkan antara uang pribadi dan uang perusahaan, setiap transaksi dicatat dalam jurnal harian, buku besar, laporan laba-rugi dan neraca, melakukan evaluasi setiap bulan terkait dengan keuangan, yaitu realisasi produksi dan penerimaan, realisasi biaya serta realisasi persediaan, jumlah utang-piutang dan kondisi kas. Pada pembahasan mengenai aspek keuangan juga dijelaskan mengenai contoh perencanaan keuangan, perhitungan ekonomi, contoh perencanaan keuangan, laporan arus kas, penggunaan dana, dan  break event point, selanjutnya materi yag terakhir adalah materi mengenai aspek pemasaran mengenai definisi pemasaran salah satunya yang dikemukakan oleh kotler mendefinisikan pemasaran adalah suatu proses  sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang  mereka butuhkan  dan  inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk  yang bernilai di dalam pasar. Strategi pemasaran modern menurut kotler (2001) secara umum terdiri dari tiga tahap yaitu:

  1. Segmentasi pasar (segmenting),
  2. Penetapan pasar sasaran (targeting), dan
  3. Penetapan posisi pasar (positioning)

       Selain itu juga bauran pemasaran, perilaku konsumen, proses pengambilan keputusan pembelian dan yang terakhir adalah faktor – faktor dari internal yang relevan terhadap proses pembaruan keputusan pembelian yang disampaikan oleh dosen Program Studi Manajemen Universitas Ahmad Dahlan yaitu Candra Vionela Merdiana, S.E., M.Sc tersebut . {iis}