Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan  dalam rangka acara rutin tahunannya  yaitu psikomonth menyelenggarakan seminar kewirausahaan dengan tema “mengembangkan potensi berwirausaha” yang diselenggarakan di Bintaran kidul Rw.03 kelurahan Wirogunan, kecamatan Mergangsan, Yogyakarta Pada Minggu (17/12/2017)

Kegiatan ini dihadiri tidak hanya oleh mahasiswa saja tetapi warga yang ada disekitar lokasi penyelnggaran hal ini membuktikan bahwa semangat berwirausaha tidak hanya dimiliki oleh anak muda saja tetapi juga warga– warga umum yang ada disekitar lokasi penyelengaraan seminar, acara ini diadakan untuk memberikan semangat berwirausaha pada peserta.

 

seminar kewirausahaan            Salah satu dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan ibu Candra Vionela Merdiana, S.E., M.Sc menjadi  pembicara pada acara seminar yang di adakan ,beliau memaparkan tips–tips berwirausaha yang benar, cara berpikir dalam pengembangan usahanya, dengan  permasalah yang sering terjadi dan cara mengatasinya. Selain itu beliau memaparkan ketika ingin memulai berwirausaha kita bisa mengembangkan hobi yang dirasa bisa berpotensi.

 

 

 

Pada pembahasan yang disampaikan oleh ibu Candra Vionela Merdiana, S.E., M.Sc, diawali dengan langkah untuk memulai usaha sebagai berikut :

  1. Kunci dari wirausaha adalah mengetahui kebutuhan pasar atau masyarakat yang ada di sekitar kita baik dimasa sekarang maupun yan akan datang. Dalam hal ini kita harus  bisa mengetahui potensi atau peluang yang ada dalam masyarakat dimulai dari masalah yang ada  dijadikan sebagai potensi bisnis.
  2. Analisis dan gaya peluang atau gagasan yang paling tepat dan cocok dengan potensi yang anda miliki.
  3. Memulai usaha.
  4. Memperluas dan memperbanyak jaringan bisnis dan  pertemanan.
  5. Milikilah keunikan yang berbeda dan nilai yang unggul dalam produk yang ada.
  6. Kredibilitas yang tinggi dan image dari produk.
  7. Operasial yang terncana.
  8. Sisihkan uang untuk modal
  9. kerja.

            Namun permasalahan wirausaha tidak hanya sampai pada itu saja, kendala yang sering dihadapi oleh setiap orang yang akan memulai usaha  adalah modal khususnya uang , Pada seminar  kali ini ibu Candra Vionela Merdiana, S.E., M.Sc, memberikan tips yang bisa diterapkan pada setiap individu atau kelompok mahasiswa yang akan memulai usaha seperti pengajuan proposal PKMK (Program Kreatifitas mahasiswa –  kewirausahaan), PBT inkubator yang juga disediakan oleh Universitas Ahmad Dahlan, dan pengajuan proposal ke Dikti PKM (pendidikan tinggi) yang disediakan langsung oleh pemerintah. (iis)