943910_1133758810002663_1763089426988215878_n

Mahasiswa semester VI dengan program studi manajemen Universittas Ahmad Dahlan (UAD), Ginanjar Eko Widodo telah dinyatakan lolos untuk dapat mengikuti pelatihan Foreign Exchange yang diselengarakan di Singapura, pelatihan ini akan diadakan selama satu bulan disingapura dan akan dilaksanakan pada awal Mei 2016. Mahasiswa kelahiran 23 Okt 1993 ini, mengawali keikutsetaannya dalam pelatihan Foreign Exchange dengan mendapatkan informasi melalui salah satu dosen Universitas Ahmad Dahlan yaitu Ibu Tina Sulistiyani, S.E.,MM.

“Untuk lulus dalam seleksi ini saya harus menonton dan memahami video sebanyak 134 yang semuanya menjelaskan materi mengenai foreign exchange dan semuanya menggunakan bahasa inggris. kemudian setelah saya menonton keseluruhan video tersebut, saya berhak untuk mengikuti kuis yang berisi 60 pertanyaan yang diberi waktu selama 60 mnt. total score yang dapat lulus adalah 70%, meskipun saya hanya mendapat score 32% namun saya berhasil lolos,” ujar Ginanjar Eko Widodo.

Kegigihannya dalam memahami 134 video dan menjawab kuis sebanyak 60 pertanyaan dengan waktu yang telah ditentukan mebuahkan hasil yang sangat mengejutkan Ginanjar Eko Widodo mengaku sangat senang dan bersyukur untuk dapat lolos dan mengikuti pelatihan yang akan dilaksanakan di Singapura. Sebuah hadiah yang luar biasa dan sangat tidak menyangka baginya untuk dapat mengikuti pelatihan tersebut.

Ginanjar Eko Widodo memiliki pandangan tersendiri dan alasannya mengikuti pelatihan Foreign Exchange,seperti kutipan berikut “motivasi saya adalah karena saya berniat untuk study abroad dengan apply beasiswa jadi saya membutuhkan spesifikasi seperti pengalaman-pengalaman internasional untuk memperkuat formulir saya, kemudian ingin membuat ibu saya bangga karena bisa bertemu beliau disana tanpa menggunakan uang dari beliau”. Dengan motivasi yang kuat dan adanya kemauan Ginanjar Eko Widodo telah membuktikan dengan dinyatakannya lolos untuk mengikuti pelatihan Foreign Exchange di Singapura,dan ada sedikit tips yang telah dibagikannya “mungkin untuk tipsnya harus memiliki kemauan yang kuat, harus bisa berbahasa inggris dan jangan mudah menyerah”. Setelah dinyatakan lolos Ginanjar Eko Widodo akan melakukan pelatihan Foreign Exchange di Singapura dan untuk keberangkatan pelatihan antara tanggal 4-5 mei 2016.

Dengan adanya Mahasiswa yang telah dinyatakan lolos untuk mengikuti pelatihan di luar negeri, maka bisa dijadikan contoh untuk para mahasiswa lainnya untuk lebih menggali informasi dan berani mengembangkan kemampuannya baik itu dalam bidang akademik maupun non akademik. [Sanni]